Jumat, 16 Juli 2010

Ayam dulu, atau telur dulu ?

Sering sekali kita mendapatkan tebak-tebakkan seperti itu, duluan mana, ayam atau telur? Tebak-tebakkan seperti ini akan membawa kita ke jawaban yang dilematis, kalau kita jawab ayam pasti akan dibalas bukankah ayam menetas dari telur, kalau di jawab telur akan dibalas bukankah telur keluar dari ayam hmm....!, (frustrated mode on).

Nah, waktu saya mau cek e mail di yahoo di situ diberitakan bahwa salah satu misteri tebak-tebakkan tertua di dunia telah terpecahkan. Seperti di yang diberitakan Vivanews.com bahwa tim ilmuwan dari dari Universitas Sheffield dan Warwick, Inggris yang pada awalnya hendak meneliti tentang bagaimana binatang membuat cangkang telur, tanpa sengaja malah justru menemukan jawaban tentang asal muasal telur. Seperti di kutip dari berita, "Kami ingin menelusuri bagaimana telur terbentuk, dengan melihat detail telur secara mikroskopis, dengan bantuan komputer canggih, kami memecahkan masalah ini berminggu-minggu. Sementara ayam bisa menyusun cangkang itu dalam satu malam, namun hasilnya sangat mengejutkan, kami memecahkan teka-teki sepanjang masa, ini mengagumkan."

Hasil dari penelitian, ditemukan protein khusus yang ada di tubuh ayam. Protein inilah yang membentuk cangkang telur. Protein ini menginisiasi proses pembentukan cangkang sebelum menyusun bagian telur yang lain. Tanpa protein pembangun tersebut, telur tidak mungkin terbentuk, dan protein itu hanya ditemukan di rahim ayam, "Itu berarti ayam ada duluan sebelum telur."

Dari penelitian ini juga dipelajari hal-hal lain yang berguna bagi manusia, seperti; "Bahwa cangkan telur dibentuk dari banyak kristal kecil. Kita bisa menggunakan informasi ini untuk mengetahui cara membuat dan menghancurkan struktur kristal lainnya", contohnya untuk menghilangkan kerak di ceret maupun pipa. Bagi dunia medis penelitian ini juga menemukan hal yang berguna, yaitu bahwa tubuh manusia juga menggunakan metode yang sama untuk membuat gigi dan tulang, sehingga kita bisa mempelajari lebih banyak tentang membangun kembali tulang manusia.

Source: Yahoo, Vivanews.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar