Selasa, 13 Juli 2010

SAKIT MATA (KONJUNGTIVITIS)

Sudah beberapa hari ini saya kena sakit mata. Berawal ketika sedang jalan-jalan menggunakan sepeda motor, kemudian melewati daerah yang sangat berdebu dan akhirnya saya kucek deh. Eeh..! esok paginya mata saya mulai merah dan ada rasa gatal karena belum ngeh makin di kucek-kucek saja mata saya ini. Sore harinya barulah sangat terasa gejala-gejala sakit mata, seperti mata merah, berair, terasa perih, bengkak dan muncul kotoran mata (belekan).

Karena saya ini anak kost jadi harus berpikir dua kali untuk periksa ke dokter mata he..he.. :). Bukan karena takut atau apa, tapi ini karena alasan finansial belaka he..he... Akhirnya saya pun memilih untuk mencari tahu lebih banyak tentang sakit mata ini melalui internet dan inilah hasil dari pencarian saya itu :

Bahwa sakit mata itu ada beberapa macam, tapi yang paling sering diderita manusia adalah sakit mata merah karena adanya infeksi yang disebabkan oleh Bakteri, Virus ataupun Jamur dan bisa mengenai satu mata saja atau kedua mata langsung. Sakit mata ini disebut Konjungtivitis.

Gejala
Yang harus dicermati adalah penyebab konjungtivitis, karena ini berdampak terhadap obat yang kita gunakan untuk menyembuhkan sakit mata ini. Ada berbagai gejala yang bisa di cermati untuk mengetahui apakah sakit mata ini karena bakteri, virus, jamur atau alergi, ini saya kutip dari wikipedia, "Gejala Konjungtivitis; mata terasa kasar menggatalkan, merah dan mungkin berair. Kelopak mata mungkin menempel sewaktu bangun tidur. Konjungtiva yang mengalami iritasi akan merah dan mengeluarkan kotoran. Konjungtivitis karena bakteri mengeluarkan kotoran yang kental dan berwarna putih. Konjungtivitis karena virus atau atau alergi mengeluarkan kotoran yang jernih. Kelopak mata bisa membengkak dan sangat gatal, terutama pada konjungtivitis karena alergi. Gejala lainnya adalah, mata berair, nyeri, terasa gatal, pandangan kabur, peka terhadap cahaya, terbentuk keropeng pada kelopak mata ketika bangun pada pagi hari."

Pengobatan
Ternyata konjungtivitis ini tidak bisa di obati dengan tetes mata biasa, tetapi harus menggunakan tetes mata atau salep yang mengandung antibiotik. Dalam kasus sakit mata saya ini saya menjatuhkan pilihan pada tetes mata bukan salep, tentu saja tetes mata jauh lebih nyaman dari pada salep. Ada beberapa tetes mata antibiotik yang bisa di dapatkan di apotik, dan yang paling banyak di pakai adalah Cendo Xitrol, tetapi penggunaan obat ini harus dengan hati-hati karena ini termasuk obat keras. Dari berbagai informasi yang saya dapat ternyata obat tetes mata jenis ini ada beberapa jenis, ada Cendo Xitrol, Cendo Fenikol, Cendo lyteers dan Cendo Tobro yang tentunya setiap Cendo itu untuk mengatasi sakit mata yang berbeda. Saya sangat menganjurkan bahwa sebaiknya mengunjungi dokter dahulu untuk mengetahui peyebab sakit mata yang di derita dan tentunya obat yang tepat serta penggunaannya, karena efek samping dari tetes mata ini cukup besar juga. Untuk mengetahui lebih jelas tentang Cendo Xitrol dan Cendo Fenicol silahkan klik disini

Pencegahan
1. Konjungtivitis mudah menular, media penularan melalui udara, karena itu sebelum dan sesudah membersihkan atau mengobati mata, penderita harus mencuci tangannya bersih-bersih.
2. Jika terkena konjungtivitis cuma sebelah mata, usahakan tidak menyentuh mata yang sehat setelah menyentuh mata yang sakit.
3. Pisahkan segala perlengkapan pribadi (handuk, lap, kaca mata, bantal dll) dari penggunaan bersama dengan orang lain.
4. Tutup mata yang sakit dengan perban (jika sebelah saja) atau kaca mata.
5. Sebaiknya hindari aktivitas di luar rumah selama sakit mata.

Mungkin informasi sedikit ini bisa membantu bagi rekan-rekan yang sedang mengalami sakit mata. Mohon maaf jika ada kesalahan, maklum saya bukan dokter he..he.. hanya ingin berbagi saja.

2 komentar:

  1. wekz... bisa nular ya... *pergi menjauh* pait...pait...pait...

    BalasHapus
  2. Tenang aja Mi aku ini dah maniz kok, buktinya kalo lg duduk banyak semut-semut yang mendekat ha..ha..ha!

    BalasHapus